Meminjam Uang di Bank Tanpa Jaminan (Agunan)

Pada dasarnya tidak ada pinjaman di perbankan tanpa jaminan. Hampir di semua bank tersedia program kredit KTA (Kredit Tanpa Agunan), ada perbedaan antara jaminan dengan agunan. Jaminan tidak selalu harus berupa asset sedangkan agunan harus berupa aset.

KTA di perbankan kebanyakan hanya untuk pegawai dan pensiunan saja, jadi kalau anda seorang pengusaha jangan buang waktu mencari jenis kredit perbankan tanpa jaminan. Untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan dari bank maka kita sebagai peminjam haruslah seorang pegawai di instansi yang memiliki kerjasama dengan bank. Misalkan kita seorang pegawai/ karyawan swasta di PT.Entah Apa, dan tempat kita bekerja tidak memiliki kerjasama dengan Bank A, maka kita tidak bisa mengajukan permohonan kredit tanpa agunan ke bank A tersebut.

Syarat mengajukan kredit tanpa agunan:

  1. SK pengangkatan asli dan SK terakhir
  2. Foto kopi buku tabungan
  3. Foto kopi identitas diri (KTP, SIM, atau Karpeg)
  4. Foto kopi KK
  5. Daftar pembayaran pensiun/Dapem
  6. Slip dan Perincian Gaji Terakhir
  7. Surat kuasa debet rekening
  8. Surat Kuasa potong gaji/pensiun
  9. Surat pernyataan debitur
  10. Surat rekomendasi dari atasan


Cara mengajukan permohonan pinjaman tanpa agunan; tidak akan dibahas panjang lebar, karena akan buang waktu saja. Intinya datanglah ke bank tujuan dengan membawa persyaratan di atas maka semua urusan akan selesai. Ingat bahwa KTA ini merupakan salah satu kredit yang paling disukai perbankan. Berdasarkan pengalaman uang akan cair dalam waktu sehari, bisa dikategorikan cara meminjam uang di bank paling cepat.

Perlu kita ketahui bahwa besar angsuran dan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya bersifat flat. Tidak usah repot-repot memikirkan cara pembayaran, karena angsuran akan langsung dipotong dari gaji si peminjam. Berikut ini simulasi  KTA (pinjaman tanpa agunan) di BRI.
simulai meminjam uang di bank KTA
Misalkan kita adalah seorang PNS / karyawan BUMN/ Swasta dengan gaji pokok 3 juta rupiah perbulan, ingin meminjam uang di bank dengan KTA dalam jangka waktu 5 tahun, maka kita dipebolehkan meminjam maksimum plafond sebesar 70 juta, dengan syarat kita tidak memiliki angsuran hutang/ kredit lain. Setiap bulan gaji kita akan dipotong sebesar 1 juta 800 ribu rupiah. Simulasi pinjaman tanpa agunan seperti gambar diatas bisa dilakukan di web resmi Bank BRI.

Maksimum plafon mungkin akan berbeda antara satu bank dengan bank lain, seperti di BPD, dengan gaji pokok 2.500.000,- kita bisa meminjam uang sebesar 80 juta masa pinjaman 5 tahun. Besaran plafon KTA juga bisa disesuaikan, simulasi diatas hanyalah sebuah contoh saja, dalam kenyataan seorang pegawai gaji 3 juta tetap dapat meminjam uang hingga 100 juta masa pinjaman 5 tahun (tentu dengan potongan gaji yang lebih besar pula).

Fleksibelitas pinjaman tanpa agunan jangan sampai membuat kita hilang kendali dalam menentukan plafond, tetap selalu berfikir jernih dan utamakan pemenuhan kebutuhan harian. Banyak kita lihat pegawai yang hilang semangat kerja karena memiliki angsuran KTA terlalu besar. semoga tulisan singkat ini bermanfaat…


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

1 komentar:

Kelly Wood mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly