Meminjam Uang Di Bank Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Meminjam uang dengan jaminan sertifikat rumah tentu lebih aman dilakukan di Bank daripada lembaga keuangan lain. Perlu diketahui bahwa anggunan rumah akan diterima disemua bank dalam melakukan kredit. Perlu teliti dengan besaran, lama serta sistem bunga pinjaman yang ditawarkan bank, agar kita mendapat kredit optimal. Artinya dalam pelunasan tidak memberatkan dengan plafon mencukupi kebutuhan.

Syarat meminjam uang di bank dengan anggunan rumah:

Kelengkapan dokumen:
  • Formulir permohonan kredit
  • Fotokopi KTP, KK
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi rekening tabungan
  • Fotokopi SHM dan IMB
  • Fotokopi SIUP, SITU, dan TDP
  • Pas Foto Terbaru


Syarat diatas secara umum akan diminta disetiap Bank (BRI, BNI, BTN, Mandiri, Bukopin, dll). Biasanya ada syarat tambahan tergantung pada profesi pemohon, seperti slip gaji 3 bulan terakhir bagi PNS dan Karyawan, atau surat izin praktek bagi perofesional seperti bidan dan dokter. Syarat tambahan bisa juga ada di bebrapa bank tergantung pada besarnya jumlah pinjaman. Namun inti dari kesemuanya adalah SHM dan IMB, selama kedua berkas ini ada dan atas nama si pemohon maka tidak akan ada kendala dalam mengajukan kredit di Bank manapun.

Cara pinjam uang di Bank dengan jaminan sertifikat rumah; 

Biasanya ini tidak akan selesai dalam sehari, oleh karena itu di hari pertama kita sebaiknya datangi saja Bank tujuan hanya untuk mendapatkan informasi jelas sekaligus mendapatkan formulir. Bila terasa cocok dengan plafon dan sistem angsuran yang ditawarkan maka pada hari berikutnya kita bawa persyaratan yang diminta.

Setelah formulir diisi dan persyaratan dilengkapi kita masih harus menunggu proses verifikasi, survey keberadaan dan kondisi rumah. Terkait dengan diterima dan ditolaknya permohonan kredit sepenuhnya wewenang dari pihak Bank. Jika kita memiliki riwayat pinjaman di bank tersebut biasanya prosesnya akan lebih mudah.

Sebenarnya memijam uang dengan jaminan sertifikat rumah juga bisa dilakukan di pegadaian, kalau cerita pengusaha-pengusaha ukm proses di pegadaian lebih cepat dari Bank. Tentang hal ini penulis kurang tahu pasti, yang saya tahu pinjaman di pegadaian yang paling cepat adalah dengan jaminan perhiasan emas atau kendaraan. Terkait keamanan baik pegadaian maupun Bank Nasional saya rasa tidak perlu diragkan, karena sama-sama dijamin oleh pemerintah.

formulir pengajuan kredit di bank
contoh formulir pada gambar bisa diambil di web resmi bank BCA

Berapa lama pinjaman di bank dengan jaminan sertifikat rumah bisa cair? Dalam hal ini tidak ada ketetapan waktu, semua sangat bergantung pada kelengkapan persyaratan, kinerja petugas bank dalam verifikasi dan survey angguanan, dan lain-lain. kalau kita sebagai calon debitur baru biasanya proses tidak akan selesai dalam sehari, berbeda halnya dengan peminjam lama dimana data dan hasil verifikasi mereka sudah tersedia di bank tersebut. Jadi jangan ada lagi anggapan kalo di bank ada nepotisme karena melihat si A prosesnya cepata sedangkan kita sampai berminggu-minggu.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

1 komentar:

Hannah Boss mengatakan...

Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.