Cara dan syarat bayar pajak STNK SAMSAT Keliling

Syarat perpanjangan STNK tahuan di kantor maupun di mobil SAMSAT keliling sama saja, bahkan prosesnya juga sama. Perbedaannya hanya di jadwal dimana untuk membayar pajak di mobil SAMSAT keliling harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Setiap Kota memiliki jadwal berbeda-beda di beberapa kawasan Kota tersebut. Sebagian orang mengatakan membayar pajak di mobil ini lebih mudah dan urusannya lebih cepat, itu memang benar selama syaratnya lengkap.

Berikut ini syarat untuk bayar pajak kendaraan/ perpanjangan STNK tahunan di Samasat keliling:

  • Foto kopi KTP sesuai dengan data STNK
  • STNK asli dan foto kopi 2 rangkap
  • BPKB asli dan foto kopi.


Mekanisme:

  • Datang ke mobil samsat keliling ambil formulir pendaftaran biasanya disediakan loket khusus
  • Isi formulir tersebut lalu serahkan ke loket berikut syarat yang telah disebutka diatas.
  • Petugaas menyerahkan formulir surat setoran pajak daerah, di sana ada informasi jumlah pajak yang harus dibayarkan.
  • Selanjutnya ikut antrian di loket kasir untuk melakukan pembayaran pajak, kalau datang cukup pagi biasanya tidak ada antrian. Antrian sering terjadi di jam 10 – 12 siang.
  • Setelah membayar, tunggu panggilan dari bagian loket formulir untuk mendapatkan STNK baru, saat dipanggil serahkan bukti pembayaran pajak yang didapat dari kasir.
  • Selesai.


Itulah cara mengurus/ perpanjangan STNK (bayar pajak kendaraan) di loket samsat keliling. Kalau hendak membayar pajak tahunan di mobil Samsat ini sebaiknya bawa pena sendiri, kaerena sering ada antrian sedangkan pena yang disediakan hanya sedikit. Di Samsat keliling gaka akan ada calo jadi jangan berharap titip menitip.

Secara umum proses perpanjangan STNK keliling ini memang lebih cepat daripada proses di bayar pajak kendaraan di kantor SAMSAT, hal ini karena di kantor banyak urusan selain pajak tahunan, sedangkan di mobil keliling hanya menerima perpanjangan STNK tahunan saja. Untuk perpanjang 5 tahunan (ganti plat baru) dan mutasi plat kendaraan antar daerah hanya bisa dilakuka di kantor SAMSAT.
stnk di samsat keliling

Itulah syarat dan cara mengurus perpanjangan STNK keliling, semoga bermanfaat dan semua urasannya lancar.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: