Ilustrasi Manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

manfaat bpjs ketenagakerjaan
Banyak orang berpandangan sinis tentang jamsostek (kini disebut BPJS ketenagakerjaan). Diantaranya ada yang bilang “jamsostek tuh buang-buang duit” pandangan seperti ini biasanya dikeluarkan oleh mereka yang berpropesi sebagai wiraswasta. Anggapan seperti itu juga terjadi pada BPJS kesehatan.

Disaat kit sehat kadang kita lupa akan masa sakit yang tak pasti masa datangya, disaat kita berpenghasilan besar kita lupa masa tak berpenghasilan yang mungkin akan datang dalam waktu dekat atau lama. Hidup ini sungguh dalam ketidak pastian, ibarat kata pepatah hidup bagaikan roda ‘kadang diatas kadang di bawah’. Saat kita diatas hendaknya jangan lupa masa-masa dibawah.

Bebagai ketidak pastian itu seharusnya dapat menjadi alasan bagi setiap orang untuk bergabung dan mendaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan dan juga kesehatan. Saat dalam musibah pasti semua kita akan merasa susah, baik dengan bantuan jaminan BPJS atau tanpa jaminan sama sekali. Namun sudahlah pasti jauh lebih susah tanpa jaminan apapun.

Mewariskan sesuatu utuk anak cucu pasti menjadi keinginan setiap orang yang hidup di bumi ini, bahkan orang terganggu mentalnya sekalipun memiliki keinginan demikian. Tak ada satupun diantara kita yang tau bila datangnya maut. Ketika masa itu datang adakah kita sudah siap? (dalam konteks bekal akhirat dan peninggalan di dunia?). Jika dikaji secara agama mungkin hal ini akan menjadi panjang. Alasan seperti ini mungkin bisa menstimulus kita agar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan.

Beragam manfaat bisa didapat dengan menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan, baik itu sesuai yang tertulis dan promosi dari BPJS itu sendiri atau dari manfaat yang telah diterima peserta-peserta sebelumnya. Di antara obrolan kita di warung kopi mungkin pernah sekilas tentang besaran rupiah yang di terima si Anu dari BPJS ketenagakerjaan ketika pension tiba. Atau diantara rumpi kita dengan teman arisan mungkin pernah terdengan Si anu mewariskan Sekian juta rupiah karena dia anggota BPJS. Mungkin itulah manfaat BPJS ketenagakerjaan yang sebenar-benarnya tanpa harus membaca literature tentang jaminan sosial dan asuransi.

Itulah tulisan kali ini tentang manfaat BPJS ketenagakerjaan yang singkat dan mudah-mudahan mampu memberi gambaran bagi kita semua tentang betapa pentingnya memiliki jaminan dalam kehidupan duniawi ini. Selamat beraktifitas….



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Tidak ada komentar: